Categories
Artikel

Bagaimana Melakukan Analisis Pasar Kompetitif

Memiliki pengetahuan menyeluruh tentang pesaing Anda adalah kunci untuk tetap berada di depan pesaing Anda, dan analisis kompetitif adalah persis bagaimana Anda akan mengelola dan mempertahankan posisi kompetitif Anda.

        1. Apa itu Analisis Kompetitif?
        2. Siapa Saingan Saya?
        3. Mengumpulkan Informasi Pesaing
        4. Mengidentifikasi Tujuan dan Strategi Pesaing
        5. Bagaimana Menganalisis Informasi Kompetitif Anda
        6. Menentukan Posisi Kompetitif Anda Di Marketplace

Apa Itu Analisis Kompetitif? 

Analisis kompetitif adalah cara untuk mengidentifikasi pesaing, dan memahami kekuatan dan kelemahan pesaing dalam kaitannya dengan Anda. Ini membantu Anda mengukur bagaimana mengekang pesaing dan memperbaiki strategi Anda. 

Melakukan analisis kompetitif penting karena Anda akan membangun:

  • Pemahaman tentang bagaimana pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan menilai persaingan.
  • Mekanisme untuk mengembangkan strategi bersaing yang efektif di pasar sasaran Anda.
  • Gagasan tentang apa yang memberi perusahaan Anda keunggulan dibandingkan pesaingnya.
  • Ide bagus tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda.
  • Strategi bagaimana berekspansi ke pasar baru.

Sebelum Anda dapat memulai analisis Anda, atau mulai mengumpulkan informasi, Anda harus terlebih dahulu menentukan siapa pesaing Anda.

Siapa Pesaing Saya?

Menentukan Pesaing Anda

Untuk mengevaluasi apakah suatu bisnis adalah pesaing Anda, mulailah dengan bertanya:

  • Apa jangkauan produk dan layanan yang mereka tawarkan? Perusahaan yang menawarkan produk yang berbeda atau produk pengganti dengan Anda dianggap sebagai pesaing tidak langsung. Misalnya produsen kacamata yang bersaing secara tidak langsung dengan produsen lensa kontak. 
  • Apakah produk atau layanan mereka ditujukan untuk memuaskan pasar sasaran yang serupa? Target pasar perusahaan adalah indikasi yang baik dari kemampuan mereka untuk dianggap sebagai pesaing Anda atau tidak. Mungkin saja mereka menawarkan produk atau layanan yang sama, tetapi menargetkan segmen pasar yang berbeda. Dalam hal ini, mereka mungkin bukan pesaing.
  • Apakah mereka beroperasi di wilayah geografis yang sama? Setiap bisnis yang memasarkan produk yang mirip dengan, atau sebagai pengganti, produk Anda sendiri di wilayah geografis yang sama adalah pesaing langsung.

Apakah Saya Perlu Menganalisis Semua Pesaing Saya?

Ada beberapa pasar yang relatif mudah untuk menyebutkan nama setiap pesaing, jadi sebaiknya Anda melakukannya jika memungkinkan.

Jika Anda menjual di pasar dengan lusinan pesaing, tidak realistis untuk mengumpulkan dan memelihara informasi tentang masing-masing pesaing. Dalam hal ini, akan tidak efisien untuk menganalisis setiap pesaing Anda. Hemat waktu Anda dengan menggunakan aturan 80/20 . 

Mengumpulkan Informasi Pesaing

Mempekerjakan firma riset pemasaran tidak diperlukan ketika sebagian besar informasi pesaing Anda sudah tersedia.

Sebelum Anda mulai mencari sumber Anda, ingatlah informasi yang Anda cari sehingga Anda dapat mengalokasikan waktu Anda seefektif mungkin. Untuk memulai, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut mengenai pesaing Anda:

  • Apa rangkaian lengkap produk dan layanan yang mereka tawarkan?
  • Apakah produk atau layanan mereka ditujukan untuk memuaskan pasar sasaran yang serupa?
  • Apakah pesaing saya menguntungkan, berkembang, atau menurun?
  • Apa strategi pemasaran dan promosi mereka?
  • Apa atribut positif dan negatif mereka di mata pelanggan?
  • Bagaimana mereka menilai dalam hal harga, kualitas, penjualan, gambar/gaya, nilai, pengenalan nama, pangsa pasar, layanan pelanggan, lokasi, kenyamanan, dan banyak lagi.

Selanjutnya, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut tentang perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda:

  • Apakah saya memiliki keunggulan kompetitif; jika demikian, apa itu?
  • Bagaimana pelanggan saat ini menilai bisnis saya dibandingkan dengan pesaing? ( Jika Anda memerlukan bantuan untuk menulis pertanyaan survei pelanggan yang efektif, lihat blog ini )
  • Bagaimana saya bisa membedakan perusahaan saya dari pesaing saya?

Di Mana Saya Menemukan Informasi?

Sumber sekunder adalah informasi yang dikembangkan untuk tujuan tertentu, tetapi kemudian tersedia untuk akses publik dan penggunaan alternatif—seperti mengukur pesaing Anda! Saya menguraikan sumber daya ini dalam video di atas, tetapi beberapa contoh sumber sekunder yang bagus adalah:

  • Periklanan. Memberi tahu Anda tentang harga pesaing, informasi produk, dan memberikan indikasi seluruh program dan anggaran promosi pesaing Anda.
  • Buku Referensi dan Database dapat diakses secara gratis di sebagian besar perpustakaan umum dan perguruan tinggi yang memiliki sumber daya bisnis. Beberapa contohnya adalah:
    • Sumber pemerintah seperti Laporan Keuangan Triwulanan untuk Perusahaan Manufaktur, Pertambangan, dan Perdagangan , Pola Bisnis Kabupaten , Survei Tahunan Produsen , dan Sensus Ekonomi .
    • Publikasi lembaga negara seperti direktori industri, dan statistik industri lokal, yang dapat ditemukan di Negara Bagian dan Pemerintah Daerah di situs web Net .
    • Sumber data komersial seperti Dun & Bradstreet Million Dollar Database . 
  • Karyawan Anda yang bekerja di area lain perusahaan yang terpapar informasi persaingan. Staf penjualan Anda adalah pemain kunci untuk jenis data ini.
  • Berbicara Dengan Pesaing Anda. Anda dapat mengumpulkan banyak informasi melalui percakapan yang sederhana dan bersahabat. Orang-orang suka berbicara tentang diri mereka sendiri dan berbagi kisah sukses dan kekhawatiran mereka dengan rekan bisnis.

Setelah Anda mengetahui siapa pesaing Anda, apa yang perlu Anda ketahui tentang mereka, dan di mana menemukan informasi itu, inilah saatnya untuk melakukan analisis Anda. 

 

Baca Juga : Apa itu Analisis Pesaing Pemasaran dan Bagaimana Melakukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *